Panen raya yang dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral Agustadi Sasongko beserta rombongan akan menghadiri pesta panen raya padi hibrida Bernas Prima di areal persawahan Lebung Larangan, Desa Sukaraja, Kecamatan Palas, Lampung Selatan.

Selain itu, hadir juga Dirjen Tanaman Pangan Sutarto Ali Muso, Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu, Pangdam II Sriwijaya Mayor Jendral TNI M. Sochib, dandim se-Provinsi Lampung, serta Bupati Lampung Selatan Wendy Melfa.

Pesta panen raya tersebut, kerja sama antara Kodim 0421/LS, PT SAS, dan Dinas Pertanian Lampung Selatan, di areal persawahan seluas 10 hektare milik Kelompok Tani Karya Sentosa II dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Mandiri desa Suka Raja Kecamatan Palas, Lam-Sel.
Kemitraan antara PT SAS, TNI AD (KODIM 0421 ), GAPOKTAN TANI MANDIRI
Ini dimulai pada sejak Desember tahun lalu luas Areal pertanaman 10 Ha dengan petani pelaksananya sebanyak 13 orang petani.

Peserta Kemitraan tersebut meliputi:

1. PT SAS selaku produsen Benih Padi Hibrida (Bernas Prima) menyediakan benih hibrida
2. TNI AD (KODIM 0421) Menanggung semua kebutuhan (benih, sarana produksi, dan pasca panen)
3. kelompok tani Karya Sentosa II dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Mandiri desa Suka Raja Kecamatan Palas, sebagai petani pelaksana.

MoU dan kesepakatan yang dibuat yaitu petani sebagai pelaksana menanam padi hibrida yang diproduksi oleh PT. SAS, dan selaku penyedia lahan. Semua biaya dan kegiatan pertanaman ditanggung sepenuhnya oleh KODIM 0421 GARUDA HITAM, yang pada waktu setelah panen baru dikembalikan oleh petani. ini adalah salah satu bentuk/wujud bhakti masyarakat yang menjadi komitmen TNI AD. Adapun untuk hasil panen, PT. SAS sanggup menampung semua hasil panen dari para petani peserta kemitraan. sebagai pendamping, Petugas Penyuluh Lapang (PPL) yang bernaung di bawah BPP palas bersama-sama dengan petuga Pengamat Organisme Penggangu Tanaman (POPT) kecamatan Palas, selalu memonitoring kegiatan tanam petani mulai dari olah tanah sampai dengan panen.

Dalam sambutannya KASAD menyampaikan dalam menghadapi situasi ekonomi yang tidak menguntungkan saat ini, Angkatan Darat akan senantiasa berupaya mendorong dan menggugah semangat seluruh lapisan masyarakat, agar memanfaatkan lahan yang tidak produktif untuk diolah dan ditanami komoditi tanaman pangan, sehingga masyarakat mampu mencukupi kebutuhannya sendiri di bidang pangan.


“Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia mengamanatkan bahwa salah satu tugas Angkatan Darat adalah pemberdayaan wilayah pertahanan di darat”, tegas Kasad. Pemberdayaan wilayah pertahanan di darat ini bertujuan antara lain, untuk memberdayakan potensi logistik wilayah menjadi kekuatan logistik wilayah untuk mendukung tugas-tugas pertahanan di darat, melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan menggunakan Bhakti TNI sebagai metodenya, ujar Kasad.

Kasad menambahkan, “Selain Pembinaan Perlawanan Wilayah, dan Komunikasi Sosial. Kesemuanya itu dilakukan untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan potensi wilayah menjadi kekuatan pertahanan, dengan sasaran terbentuknya ruang, alat dan kondisi juang dan terwujudnya Kemanunggalan TNI - Rakyat”.

Kasad menegaskan, sebagai prajurit yang berasal dari rakyat dan berjuang untuk rakyat sudah sepatutnyalah, merasakan denyut kehidupan rakyat. Angkatan Darat mengajak seluruh komponen bangsa untuk bekerjasama dengan landasan prinsip saling membantu, guna mewujudkan program ketahanan pangan yang diprioritaskan pada upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat yang mendesak khususnya dalam bidang pangan.

Dari kegiatan panen raya yang dilaksanakan, didapatkan hasil ubinan 12,16 Ton/Ha . "Ini lebih banyak dari biasanya yang hanya mencapai 7-8 Ton/Ha" Ujar ketua Kelompok Tani Karya Sentosa II, Lebung Larangan, Desa Sukaraja, Kecamatan Palas.

Tahun depan, direncanakan KODIM 0421 GARUDA HITAM, akan menjalin kerjasama serupa dengan lahan yang lebih luas dan tersebar di seluruh wilayah pertanian Kabupaten Lampung Selatan.

Semoga Kegiatan seperti ini bisa berlanjut, sehingga ada keselarasan antara petani, pemerintah, dan pihak-pihak yang dapat memberi kontribusi dan bantuan kepada petani.

Amin......

Kontributor : Erwinsyah, THLTBPP07

3 Responses to PANEN RAYA PETANI dan TNI

  1. Anonim Says:
  2. mantep. tapi mana THLnya?

    baiknya kang admin liput juga kegiatan THL se nusantara.

    Salam THL Lam-Teng

     
  3. angga Says:
  4. ayo semangat para petani indonesia
    SEBUAH KISAH, SEBUAH ARTI

     
  5. Didiet Says:
  6. Selamat ya atas panen raya nya... mudah-mudahan kedepannya akan bertambah sukses dan sukses.

     

Posting Komentar

Masukkan komentar anda yang realistis, dan membangun

CHAT BOX

ShoutMix chat widget
Add to Technorati Favorites