Sabtu 21 Maret 2009, Gapoktan "Kencana Mamkur" Desa Beringin Kencana Kecamatan Candipuro membuat catatan khusus yang mungkin bisa diartikan sebuah tantangan untuk penyuluhnya (Dwi Anshori), Pengurus Gapoktan (dipimpin oleh Youl Amrin) Kelompok Taninya (20 Kelompok Tani) dan para petani yang terhimpun dalam kelompok tani yang ada di desa beringin kencana.


Tidak berlebih jika penulis mengatakan "INI SEBUAH TANTANGAN", jika pada hari tersebut, di desa Beringin Kencana untuk pertama kalinya melakukan kerja sama dengan pihak swasta, dengan ditandatanganinya kerjasama yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU), yang disaksikan oleh Bp. Ir. MS. Joko Umar Said, MM. selaku Ketua Perhiptani Provinsi Lampung. Kerja sama tersebut merupakan kerjasama yang terfokus pada distribusi benih, dekomposer/PPC, saprotan, dan mengarah pada edukasi untuk petani.

Mengingat potensi lahan yang ada di beringin kencana, yang umumnya terdiri dari sawah tadah hujan dengan lokasi areal sawah rawa dan perladangan, maka kegiatan yang dilakukan yaitu penanaman padi untuk musim ke-I Rendeng (639Ha), dan pada musim ke-II gadu utuk penanaman padi 173 Ha, 143 Ha tanam Jagung, 5 Ha Sayuran, dan selebihnya tidak di manfaatkan (lahan tidur) karena kondisi lahan yang tidak memungkinkan untuk ditanami.

berdasar potensi diatas, maka Gapoktan "Kencana Makmur" memberanikan diri untuk menjalin kerja sama dengan pihak mitra yang terdiri dari:

1. Dealer PT. Monsanto (Toko Dedi Jaya) sebagai distributor benih Jagung.
poin-poin yang disetujui dalam MoU yaitu PT. Monsanto melalui dealer resminya akan memberikan jaminan terhadap benih yang didistribusikan, memberikan bantuan benih 5-10% dari total luas tanam, memberikan pendampingan mulai dari olah lahan sampai dengan panen, memberikan pengetahuan (edukasi) melalui Learning Center (LC) yang merupakan klinik/SL dan media penelitian untuk tanaman jagung.

2. PT. Pomal Tani Mandiri sebagai Distributor Dekomposer dan Pupuk Cair
poin-poin yang disetujui dalam MoU antara lain PT. Pomal Tani Mandiri akan memberikan jaminan terhadap produk yang didistribusikan melalui toko Saprotan, memberikan bantuan 5-10% dari total produk yang digunakan, pendampingan mulai dari olah lahan sampai dengan panen, memberikan pengetahuan (edukasi) melalui Learning Center (LC) yang merupakan klinik/SL dan media penelitian untuk tanaman jagung dan padi.

3. Toko Bintang selaku pengecer pupuk Urea Bersubsidi PT. PUSRI
4. Toko LGG sebagai penyedia Saprotan
Poin-poin yang disetujui antara lain Toko LGG akan memberikan harga khusus kepada kelompok yang anggotanya masuk dalam program kemitraan, memberikan keringanan kepada petani peserta program yaitu bayar tempo/bayar panen dengan jangka waktu 3 bulan.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Gapoktan, bp. Youl Amrin yang akrab dipanggil pak jul kemitraan ini merupakan langkah awal, kami punya potensi, dan kami tiap tahun melakukan kegiatan, jadi kenapa tidak kami mengajak teman-teman pengusaha untuk bermitra dengan kami (Gapoktan). Kami tidak ingin kami hanya sebagai objek, dan kami tidak menyerap ilmu-ilmu dan teknologi yang direkoomondasikan oleh distributor benih dan PPC.

Kami berani membuat MoU dengan pihak mitra karena selain didukung oleh petani yang tergabung dalam kelompok tani di desa Beringin yang semuanya berjumlah 20 Kelompok Tani, kami didukung juga oleh penyuluh yang mau berjuang supaya petani di Beringin Kencana bangkit.
Dan yang lebih penting lagi, Pak Kades kami (Sutanto) siap mendampingi dan sangat suport kepada semua kegiatan pertanian yang ada di Beringin Kencana.

Ditambahkan oleh Bp. Subagio yang menjadi sekretaris Gapoktan, sepertinya desa Beringin Kencana sudah kena penyakit SROKE. Karena sebagai desa induk yang sudah mekar beberapa tahun yang lewat, petaninya terkesan tidur keenakan jika di desa Sinar pasemah sudah ada Gapoktan "Tani Mandiri" yang selalu dikunjungi oleh Gapoktan -Gapoktan yang ada di Lampung Selatan bahkan termasuk Gapoktan yang ada di Lampung Timur yang sudah dianggap Gapoktan "contoh" untuk gapoktan lainnya, di Beringin Kencana gapoktannya baru "bangun"

Lanjutnya jika di desa Banyumas ada petani yang berprestasi (Bp. Amin Fadillah) yang tahun lalu menjadi Petani Terbaik di Kabupaten Lampung Selatan,
di Desa Beringin belum ada petani yang pernah mau ikut lomba, walaupun ada 3 Kelompok Tani yang mempunyai kelas MADYA. Dan jika para pejabat turun ke lapangan, "Desa Beringin itu disebelah mana?"
Oleh karenanya, maka mungkin ini saatnya "bangun"

"mohon maaf pak Joko jika kami dalam menyambut bapak kami hanya bisa menyuguhkan cemilan yang "katrok dan ndeso" karena hanya itu yang kami punya" ungkap ketua gapoktan dan pengurus yang lupa menyampaikan waktu memberi sambutan.

Semoga dengan kegitan hari kemarin, dan dengan kunjungan
Ir. MS. Joko Umar Said, MM. ke desa Beringin, Petani, Kelompok Tani, Gapoktan dan Penyuluh di beringin "BANGKIT"

Moto Kami:
"Semua Program Pertanian untuk Gapoktan, Gapoktan Untuk Desa dan bukan hanya No Action Talk Only"
semoga.

3 Responses to KEMITRAAN GAPOKTAN

  1. MYFX Says:
  2. meni mak nyus oy

     
  3. ayo semangat THL

     
  4. SHARING CONTOH MOU NYA DONG, BISA BERMANFAAT BUAT GAPOKTAN YANG LAIN

     

Posting Komentar

Masukkan komentar anda yang realistis, dan membangun

CHAT BOX

ShoutMix chat widget
Add to Technorati Favorites